Persyaratan dan Aturan Untuk Bergabung Menjadi Publisher Adsense

Untuk berpartisipasi dalam program adsense, sobat harus memenuhi persyaratan kelayakan. Guna untuk, menginformasikan kepada google bahwa sobat sudah mengikuti semua aturan yang diberikan dengan baik dan benar. Berikut adalah hal yang perlu diperiksa sebelum sobat bisa mendaftar ke akun adsense:

Apakah sobat memiliki konten sendiri yang dibuat dari awal?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, sobat bisa memahami beberapa tips dari google, agar akun sobat dapat diterima dengan cepat.

1. Fokus pada sasaran pengguna sobat

Cobalah renungkan dan tanyakan kepada diri sobat sendiri, “Bagaimana caranya agar saya dapat memberikan apa yang dibutuhkan pengguna sekaligus mendapatkan apa yang saya inginkan?” Langkah pertama dalam menjawab ini adalah mencari tahu apa sasaran pengguna sobat, apa sasaran sobat, dan bagaimana cara menyelaraskannya. Sobat perlu memikirkan tentang penawaran dan kekuatan inti situs sobat. Sebaiknya Sobat hanya berfokus pada satu atau dua materi saja. Walaupun situs Sobat mungkin terlihat bagus dari berbagai segi, Sobat harus berfokus pada hal terbaik yang ada di situs tersebut. Misalnya, sobat membuat situs web yang bergerak tutorial blogger, maka fokuskan situs web sobat kedalam tutorial blogger, bukan materi yang lain.

Kiat:

Sejumlah pertanyaan yang perlu sobat tanyakan pada diri sendiri saat memulai antara lain:

  •     Bagaimana cara pengguna menemukan situs sobat?
  •     Apa yang mereka cari?
  •     Apakah sobat memberikan apa yang mereka inginkan?
  •     Apa yang sobat inginkan dari pengguna sobat?
  •     Bagaimana caranya agar sobat mendapatkan respons yang diharapkan dari mereka?
1. Fokus pada sasaran pengguna sobat


Contoh:
Situs sobat merupakan situs berita teknologi dan setelah mempertimbangkan setiap pertanyaan di atas, sobat memastikan bahwa:

  • Sebagian besar pengguna datang dari mesin telusur dan tiba di laman artikel
  • Pengguna sobat mencari konten dari artikel yang mereka telusuri
  •   Sobatmenampilkan kepada mereka sebuah artikel berlaman penuh di laman landas
  • Sasaran sobat adalah mempertahankan keterlibatan pengguna, sehingga mereka bertahan lebih lama dan melihat lebih banyak konten
  • Jawaban ini adalah tantangan yang sesungguhnya. Sobat harus membuktikan kepada pengguna bahwa dalam situs sobat terdapat konten berharga lainnya dan mendorong mereka untuk terus membaca. Ini dapat diwujudkan dengan menyertakan sejumlah artikel yang berkaitan atau populer di bagian bawah setiap artikel.


Advertisement

2. Gunakan struktur yang jelas untuk memandu pengguna

Di laman mana pun pengguna tiba, sobat hanya memiliki sedikit waktu pada tampilan awal tersebut dengan ruang paro atas untuk mendapatkan perhatian dan menunjukkan kepada mereka tentang apa sebenarnya situs sobat. Penggunaan hierarki sederhana akan membuat struktur laman sobat jelas yang akan memandu pengguna dan menyorot hal-hal yang sobat inginkan agar dilihat oleh mereka.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah arsitektur informasi situs sobat. Pengguna mampu membedakan laman yang biasa dilihat dari yang belum pernah dilihat berdasarkan cara konsisten yang sobat gunakan untuk mengatur dan menampilkan informasi di situs. Jika struktur situs web sobat tidak logis atau tidak sesuai dengan harapan mereka, pengguna akan tersesat dan tidak yakin harus ke mana selanjutnya. Hal ini menambah kekecewaan secara keseluruhan dan dapat membuat pengguna meninggalkan situs sobat. 


Kiat:
Gunakan kiat desain sederhana berikut ini untuk membuat struktur laman sobat:

  • Kontras: Menggunakan warna, saturasi, atau keburaman untuk menjajarkan elemen di laman.
  • Ukuran: Ukuran adalah salah satu pengendali desain termudah untuk memandu pengguna sobat. Jangan takut untuk menggunakan elemen BESAR dan TEBAL untuk menarik perhatian pengguna pada informasi yang paling penting di laman sobat.
  • Penataan: Elemen yang berbagi sumbu yang sama tampak berkaitan.
  • Ruang negatif: Menarik perhatian pengunjung pada elemen tertentu dengan mengosongkan ruang di sekelilingnya. Ini juga membuat desain sobat lebih menarik untuk dilihat.
  • Kisi: Menggunakan kisi yang sederhana untuk menata letak elemen di laman akan menciptakan nuansa keteraturan dan kerapian.
2. Gunakan struktur yang jelas untuk memandu pengguna


Contoh:
Situs surat kabar biasanya piawai dalam membuat struktur melalui hirarki. Berita khusus atau bagian terpenting dari berita mendominasi layar. Ini memastikan hal ini adalah hal pertama yang sobat lihat. Judul utama dari bagian lain juga dibuat besar dan tebal sehingga pengguna yang sedang menjelajah dapat dengan cepat dan mudah memilihnya. Ukuran dan kekontrasan foto dan judul membantu memandu pengguna menjelajahi seluruh laman web tersebut.

3. Pastikan bahwa pengguna tahu tindakan yang harus dilakukan di situs sobat

Pengguna harus selalu mengetahui tindakan yang selanjutnya harus dilakukan di situs sobat. Bila pengguna tiba di laman sobat, semestinya sudah jelas apa yang harus mereka perhatikan pertama kali, kedua, dan seterusnya. Semestinya juga ada tindakan berikutnya yang jelas yang harus dilakukan oleh mereka, apakah itu mengeklik “beli” untuk melakukan pembelian atau membaca artikel terkait. 

Kiat:
Pertimbangkan poin-poin berikut saat membuat ajakan bertindak yang bermakna:

Baca Juga:  6 Tips Menentukan Jasa Pembuatan Website Profesional Terbaik Dan Terpercaya
  • Penekanan: Berikan penekanan pada ajakan bertindak melalui ukuran, warna, kontras atau penggunaan ruang negatif.
  • Sederhana: Jangan buat laman sobat berantakan dengan terlalu banyak tindakan yang berbeda. Benar-benar mempertimbangkan hal yang seharusnya dilakukan oleh pengguna dan prioritaskan tindakan tersebut dalam desain sobat.
  • Insentif: Berikan insentif atas tindakan yang diambil. Ini dapat dilihat pada diskon, hadiah, entri undian, atau akses ke konten lainnya
  • Kedekatan: Pastikan ajakan bertindak sobat ditempatkan di area yang logis di laman tersebut. Misalnya, jika laman menampilkan artikel, sobat mungkin ingin menempatkan ajakan bertindak di bawah artikel.
  • Konsistensi: Buat ajakan bertindak sobat tampil di seluruh situs dan pertahankan konsistensi tampilannya. 
 3. Pastikan bahwa pengguna tahu tindakan yang harus dilakukan di situs sobat

 

4. Sesuaikan pengalaman sobat dengan situasi pengguna sobat

Situs sobat harus menyediakan pengalaman yang baik kepada pengguna kapan saja dan di mana saja mereka membutuhkannya. Penting untuk memikirkan tentang bagaimana pengguna menggunakan situs sobat secara berbeda dalam situasi yang berbeda. Pastikan untuk mempertimbangkan keterbatasan waktu mereka dan perangkat yang sedang mereka gunakan, apakah perangkat seluler atau komputer.

Kiat:
Gunakan kiat berikut untuk membantu sobat memikirkan tentang contoh penggunaan yang mungkin dialami pengguna sobat:

Baca Juga:  Cara Menampilkan Gambar Thumbnail dan Deskripsi Blog di Facebook
  • Situasi: Situasi apa yang menyebabkan pengguna mencari informasi dalam situs sobat?
  • Batasi fitur: Versi seluler situs sobat seharusnya hanya menyertakan fitur inti situs yang akan membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari. Simpan fitur lanjutan lainnya untuk situs desktop sobat ketika pengguna sobat memiliki sedikit waktu lebih banyak.
  • Kecepatan: Pengguna hanya memiliki sedikit waktu, jadi pastikan situs sobat dimuat dengan sangat cepat. Alat Kecepatan Laman Google dapat membantu mengoptimalkan waktu pemuatan situs sobat.
  • Memaklumi: Pengguna melakukan kesalahan, terutama saat menggunakan seluler. Biarkan mereka dengan mudah mengurungkan dan kembali ke laman asal, tanpa harus menggunakan tombol kembali.
4. Sesuaikan pengalaman sobat dengan situasi pengguna sobat


Contoh:
Misalnya, situs sobat merupakan situs ulasan restoran. Bagaimana perbedaan antara perilaku pengguna seluler dengan penggunaa desktop? Pertama, pengguna seluler mungkin sedang dalam keadaan bergerak; mungkin mereka sedang berjalan saat mereka menjelajahi situs sobat. Mereka tidak akan memiliki waktu untuk menavigasi beberapa laman tentang restoran seperti yang dilakukan mereka di situs desktop. Mereka mengharapkan agar situs sobat menggunakan GPS ponsel untuk menemukan mereka dan menampilkan restoran populer yang berdekatan berdasarkan penelusuran GPS mereka. Situs sobat bahkan dapat mengoptimalkan pengalaman ulasan untuk seluler dengan menampilkan ulasan singkat yang paling populer karena pengguna tidak memiliki waktu untuk membaca ulasan yang panjang.

Ingatlah, hal yang terpenting adalah pikirkan tentang situasi yang sedang dialami pengguna ketika ia menjangkau situs sobat dan sesuaikan pengalaman pengguna agar sesuai dengan situasi tersebut.


5. Ubah pengunjung tidak tetap menjadi pengguna setia

Sejauh ini kami telah mendiskusikan cara untuk memastikan sobat memahami hal yang dicari oleh pengguna dan cara menyampaikannya kepada mereka. Namun sobat mungkin bertanya-tanya bagaimana agar pengguna tetap kembali dan kembali lagi mengunjungi situs sobat? Bagaimana pun juga, bisnis yang berkelanjutan merupakan nyawa dari bisnis tersebut baik secara online maupun offline. Agar pengguna kembali lagi, sobat harus melakukan lebih dari sekadar menjawab pertanyaan mereka; sobat harus memberikan alasan agar mereka kembali ke situs sobat.

Kiat:
Berikut ini adalah beberapa cara agar sobat dapat mengubah pengunjung satu kali menjadi pengunjung berulang:

  • Konten baru: Hal pertama dan yang terpenting, pastikan untuk terus-menerus menyediakan konten yang baru dan berkualitas tinggi. Selanjutnya, pastikan sobat menampilkan konten baru di laman landas teratas.
  • Konten yang terkait: Tampilkan konten yang serupa kepada pengguna di tempat lain di situs sobat. Buat bagian yang menautkan pengguna ke konten populer mengenai subjek yang sama. Ini akan mendorong lebih banyak keterlibatan.
  • Sosial: Permudah pengguna untuk terhubung dengan sobat melalui jejaring sosial favoritnya. Semua jejaring sosial besar memiliki widget yang dapat sobat letakkan di situs sobat agar memungkinkan pengguna untuk mengikuti sobat. Setelah sobat memilikinya, pastikan sobat menampilkan konten yang paling populer untuk mendorong kunjungan kembali.
  • Email: Pastikan sobat memiliki cara bagi pengguna untuk berlangganan milis sobat untuk mendapatkan pembaruan dan/atau buletin.
  • Keterlibatan pengguna: Permudah pengguna untuk berinteraksi dengan konten sobat melalui forum, sistem penilaian, atau saran.
5. Ubah pengunjung tidak tetap menjadi pengguna setia


Contoh:
Jika sobat memiliki situs penawaran yang memungkinkan pengguna menelusuri penawaran, sobat dapat terlebih dahulu meminta mereka untuk mendaftar agar dapat diberitahukan melalui email saat penawaran baru yang cocok dengan minat mereka ditambahkan ke situs. sobat juga dapat menampilkan berapa banyak orang yang menyarankan sebuah penawaran sehingga pengguna melihat penawaran mana yang populer.

Baca juga : halaman penting yang harus dimiliki sebuah blog agar cepat diterima oleh pihak adsense. caranya baca disini.


Memang syarat untuk menjadi publisher cukup panjang, tapi jika sobat dapat menyimpulkan penjelasannya diatas dengan singkat dan benar, maka aku yakin, akun adsense sobat akan diterima dengan cepat. Karna google akan menyukai publisher yang taat hukum. Maka dari itu, Mulailah bekerja hehehe.

Baca Juga:  Cara Buat Sitemap Blog Per Label Terbaru Dengan Gampang Dan Rapi
Advertisement