Persiapan Menyambut Hari Belanja Online Nasional 12 Desember

 Hampir semua orang gemar melakukannya karena suka atau tidak suka Persiapan Menyambut Hari Belanja Online Nasional 12 Desember

Siapa yang tidak suka berbelanja? Hampir semua orang gemar melakukannya karena suka atau tidak suka, kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi dengan cara berbelanja. Bagi kita yang hobi berbelanja, acara yang satu ini tak hanya sekedar memenuhi kebutuhan akan produk atau jasa, namun juga menjadi sarana rekreasi yang sangat seru. Apalagi berbelanja dengan sistem online, kita akan memperoleh kemudahan ketika berselancar dan melihat-lihat produk yang kita minati.

Sudah tahu kalau tanggal 12 Desember diperingati sebagai hari belanja online nasional (Harbolnas)?

Kebiasaan seru di bidang #bisnis online Indonesia ini biasanya memfasilitasi banyak sekali penawaran produk dan diskon menarik bagi para pelanggan bisnis online. Untuk memperingati Harbolnas di tahun 2019, ada 79 pengembang bisnis online termasuk beberapa ecommerce besar ibarat Lazada, Zalora, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain lain,  yang menyajikan bermacam-macam produk yang keren dan berkualitas. Penawaran diskonnya pun sangat beragam, mulai dari promo diskon 15 % sampai 90% serta ada juga promo buy 1 get 2.

Lalu apa saja yang harus kita siapkan ketika akan berburu produk di event Harbolnas tahun ini?

Baca Juga:  Cara Menghadapi Bisnis Online yang Sedang Sepi

1. Catat Daftar Belanja Sekarang Juga

Mencatat daftar belanjaan yakni salah satu hal penting yang tak boleh kita lewatkan. Dengan mencatat daftar belanjaan secara lengkap, maka kita dapat terhindar dari pemborosan dan pembelian produk-produk yang bergotong-royong kurang kita butuhkan. Catatlah produk-produk yang ingin kita beli mulai dari kebutuhan yang paling urgent terlebih dahulu.

Advertisement

Dalam event Harbolnas 2014 yang melibatkan lebih dari 79 bisnis online meliputi produk fashion, gadget, elektronik dan produk lainnya, kita dapat memakai daftar belanjaan yang kita buat untuk fokus mencari website bisnis online tertentu. Untuk urusan produk gadget dan elektronik, mulailah melihat-lihat review produk yang kita incar semenjak beberapa hari sebelum Harbolnas dimulai. Karena event tahunan ini hanya digelar selama 24 jam, maka bersiaplah untuk membeli produk yang paling berkualitas dan paling kita butuhkan.

2. Siapkan Tabungan Dengan Jumlah Seperlunya

Menyambut event Harbolnas yang hanya diadakan setahun sekali tentu menciptakan kita ingin berbelanja banyak produk. Oleh alasannya yakni itu, kita harus menyiapkan saldo tabungan yang cukup untuk berbelanja di event besar tersebut. Meskipun penawaran, diskon dan promosi yang diberikan bisnis online di event Harbolnas begitu menggiurkan, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk mulai boros dan menghabiskan seluruh tabungan hanya demi berbelanja, ya.

Baca Juga:  Ciri-ciri Orang Yang Sering Berhutang Pada Orang Lain

3. Siapkan Alat Pembayaran yang Praktis

Karen event Harbolnas yakni event meriah bagi bisnis online, kita juga harus menyiapkan alat pembayaran online yang mudah dan bersifat universal. Berbagai pilihan alat pembayaran ibarat transfer antar bank, kartu kredit, internet banking, COD (Cash on Delivery) atau e-payment (seperti iPaymu dan Doku) yakni beberapa alat pembayaran yang dapat dipakai ketika bertransaksi di Harbolnas. Pastikan alat pembayaran yang akan kita gunakan mempunyai saldo atau limit yang cukup untuk melaksanakan transaksi pembayaran secara lancar.

4. Melakukan Perbandingan Harga

Harbolnas yang hanya berlangsung 24 jam mungkin terasa sangat singkat bagi kita yang gemar berbelanja. Namun waktu yang singkat ini tak lantas dapat menjadi alasan untuk kalap berbelanja dan lupa melaksanakan perbandingan harga yang ditawarkan suatu bisnis online dengan bisnis online sejenis lainnya. Kita tentu harus menyiapkan waktu untuk mulai membandingkan harga dan promosi dari satu website ke website lainnya. Selanjutnya, kita tinggal menentukan bisnis online yang menunjukkan penawaran secara lebih memuaskan dan menguntungkan bagi kita.

Baca Juga:  Tips Sukses Memasarkan Produk Dari Andy Reid, Ceo Vespa

5. Tak Perlu Terburu-buru

Hampir seluruh bisnis online yang berpartisipasi memeriahkan event Harbolnas mempunyai fitur shopping cart atau keranjang belanja yang akan memudahkan kita menentukan dan menempatkan produk yang ingin dan akan kita beli. Cobalah mengumpulkan produk tersebut pada shopping cart sambil melihat-lihat penawaran yang diberikan bisnis online lainnya. Dengan melaksanakan cara ini, kita akan terhindar dari kondisi produk sold out. Sekarang saatnya kita belanja irit dan belanja cermat.

Artikel lain:

Jadi, sudah memberitahukan teman-teman dan kerabatmu soal event Harbolnas? Yuk ajak orang-orang terdekat supaya berbelanja online di tanggal 12 Desember 2014 semakin seru !