Perbedaan Domain Dan Hosting

Perbedaan Domain Dan Hosting

 
Hi sobat semua berbicara tentang domain pastinya kalian para blogger udah pada dengar ya, atau bahkan kalian sudah berencana untuk membuat domain baru TLD untuk mengupgrade domain blogspot kalian, tentunya untuk orang yang belum pernah membuat domain akan bingung, gimana sih cara membuatnya?, kok ada hosting segala itu apa sih?, kok berlangganan hosting mahal banget?, mungkin seberti itulah pertanyaan yang akan muncul di benak kalian, karena dulunya admin juga merasakan hal seperti itu hehe.

Oke langsung saja begini penjelasanya.

Apa itu domain?

Perbedaan Domain Dan Hosting
Sumber : Google

Domain adalah sebuah nama yang kalian beli pada penyedia layanan hosting dengan pembayaran setiap tahun. Ingat !!, domain hanya sebuah nama, berbeda dengan blogspot, ketika kalian membuat blog dengan alamat blablabla.blogspot.com kalian langsung bisa membuat artikel di sana dan menjalankan blog kalian, tetapi domain, walaupun sudah kalian beli, kalian belum bisa memakainya sehingga kalian harus menyewa hosting pada peyedia layanan tersebut.

Baca Juga:  Kumpulan Template Wordpress Premium Gratis Dan Keren

Contoh domain TLD seperti .com, .net, .id memiliki harga / tahun yang berbeda-beda, tergantung pada penyedia layanan, bahkan ada penyedia layanan yang mengratiskan domain jika kalian menyawa hosting di media layanan tersebut.

Advertisement

Seperti itulah jika kita berbicara tentang domain, saat ini banyak sekali penyedia layanan untuk domain dan hosting, buat kalian yang ingin membuat domain dan menyewa hosting silahkan cari yang berkualitas dan jangan asal mengambil walau harganya sangat murah.

Baca Juga:  Cara Hilangin Tombol Pratinjau di Blog

Selanjutnya kita akan membahas tentang hosting, apa sih hosting itu?, silahkan simak penjeasan di bawah ini.

Apa itu hosting?

Perbedaan Domain Dan Hosting
Sumber : Google

Hosting adalah sebuah layanan untuk domain kalian sehingga kalian bisa membuat web, bisa dibilang hosting adalah server untuk web kalian yang berupa media penyimpanan untuk file di web yang dibuat, file dapat berupa gambar, aplikasi, video dll, karena kalau kalian membuat server sendiri kalian membutuhkan dana yang banyak sehingga ada media layanan yang meyewakan sumberdaya nya dengan bayaran setiap tahun.

Baca Juga:  Cara Mengatur Meta Tag SEO Friendly

Bisa di ibaratkan seperti ini, hosting adalah mall dan domain adalah ruko-ruko yang ada di dalamnya, dan ruko tersebut bisa kalian gunakan untuk menyimpan barang dagangan kalian, dan jika kalian menyewa hosting artinya kalian menyewa ruko-ruko tersebut.

Nah sekian perbedaan tentang domain dan hosting, bagi para mastah mungkin perbedaan ini tidak menjadi masalah, tetapi untuk blogger pemula ini sangat membingungkan sehingga admin menulis ini untuk membantu para pemula dalam memahaminya.

Misalkan ada yang kurang jelas dari tulisan saya, silahkan berkomentar dengan cara menekan add commant di atas judul artikel.

Advertisement