Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog

Panduan lengkap tentang cara setting robot txt di blog – Merupakan pengenal blog ke search google sama seperti sitemap. Tapi disini robot.txt berbeda fungsi dan peran dengan sitemap. Bedanya yaitu, robot.txt dapat mengatur sendiri fungsi dan kegunaan didalamnya. Sedangkan sitemap hanya memperkenalkan kegunaannya diluar saja. 

Maksudnya adalah sitemap hanya memperkenalkan postingan dan alamat halaman statis saja, sedangkan robot.txt memperkenalkan setiap bagian-bagian yang ada di dalam blog, seperti beranda, halaman arsip, penelusuran, default untuk postingan dan halaman. Mereka memiliki fungsi yang sama tapi beda jalan hidup hehehe. Seperti itulah maksudnya. Nah, untuk  pemahaman lebih lanjut tentang perbedaannya, sobat bisa melihat contoh gambar yang aku buat dibawah ini.

Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog - Perbedaan Antara Sitemap dengan Robot.txt
Jika sobat sudah melihat gambar diatas, maka sobat pasti sudah dapat mengambil kesimpulan singkat. Seperti, robot.txt gunanya memperkenalkan semua menu, sedangkan sitemap hanya memperkenalkan postingan dan halaman statis saja.

Kalau kemarin kita membahas LSI keyword untuk mengenalkan blog kita hanya lewat pilihan searching, maka kali ini kita, akan langsung mengenalkan blog kita ke google atau internet. Tapi pakai cara ke2 yaitu robot.txt dulu. Cara ini dilakukan untuk memastikan blog kita aman dari para pembajak blog atau hacker. Alasannya adalah karena, browser memiliki fitur “Inspect Element (F12)” untuk melihat struktur blog kita. Yang membuat blog kita gampang dilacak,ditiru, maupun dihacker orang. 

Blog merupakan layanan gratis 65% dari segi hosting, tempat penyimpanannya dan keamanannya. Blog bukan milik kita. Kita hanya mengelolanya. Beda dengan wordpress atau wix yang harus membayar mahal untuk membuat halaman webnya sendiri . Jadi, sobat pasti tau, gimana layanan gratisan kan?. Yah begitulah. Jadi setelah membuat robot.txt ini, codding yang ada di template kita dipotong atau di parsekan ke dalam bentuk acak-acakan.

Advertisement
Baca Juga:  Terus Bedain Warnanya di Kolom Komentar? Bisa Gak?

Maksudnya bang?, kok tambah ribet yah penjelasannya?

Maksudnya gini, kita membatasi hak cipta web kita bagi orang lain saat merayapi blog kita, seperti gak bisa copy paste codding template. Atau, saat orang di internet melihat blog kita, google akan  memberikan setengah codding template kita untuk diberikan kepada pengunjung. Gunanya sebagai keamanan dan kenyamanan privasi si blogger. Dan hebatnya lagi, kodding template kita gak bisa di copy secara bebas setelah memasang robot.txt ini, untuk dijadikan proses jual beli template. 

Percayalah, template yang sobat beli atau download itu, 100% bukan template dari si pembuat aslinya, melainkan dari hasil editing orang lain. Atau istilahnya, dari 1 orang ke orang lain. Baru dijual kembali.

Gimana?, udah paham belum?. Jika sudah. Yuk langsung saja ikuti panduan langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca Juga:  Cara Cek Link Blog Yang Sudah Tidak Aktif, Broken Link Atau Url Mati

1. Cara Simple Setting Robot.txt di Blog

#1. Masuk ke blogger.
#2. Masuk ke menu setelan.
#3. Pilih menu preferensi penelusuran.

Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog - Menu Setelan di Blogger


#4. Setelah tampil menu preferensi penelusurannya > pilih robots.txt khusus > pilih “edit”.

Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog - Menu Setelan Di Blogger


 #5. Pilih yes dan masukkan kode dibawah ini kedalam form isian.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://blog-anda.blogspot.com/sitemap.xml

#6.  Selanjutnya pilih simpan perubahan untuk menyimpannya.

Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog - Menu Preferensi Penelusuran Di Blogger

#7. Selesai.

2. Cara Simple Setting Tag Tajuk Robot.txt di Blog

#1. Buka blogger.
#2. Masuk ke menu setelan.
#3. Pilih menu preferensi penelusuran.

Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog - Setting Robot.txt di Blogger 3


#4. Setelah tampil menu preferensi penelusuran > pilih tag tajuk robot khusus > pilih edit. 

Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog - Setting Robot.txt di Blogger 4
#5. Sesuaikan pengaturannya seperti gambar dibawah ini.

Panduan Lengkap Tentang Cara Setting Robot Txt Di Blog - Setting Robot.txt di Blogger 5

#6. Selanjutnya pilih simpan perubahan untuk menyimpan settingan.
#7. Selesai.

Settingan diatas mempunyai tujuan yaitu merayapi semua isi yang ada di beranda (baik itu menu-menu blog maupun artikel postingan) dan memperbolehkan merayapi arsip dan penelusuran (memperbolehkan google mengindeks blog kita ke search google).

Baca juga : kenalin blog ke google part 3.

Mungkin cuma itu yang dapat aku bagikan mengenai panduan lengkap tentang cara setting robot txt di blog. Pastikan saat membuat atau memasukkan kode robot.txt tidak salah yah. Soalnya, jika sobat salah memasukkan robot.txt, blog sobat akan dicuekin oleh google. Jadi, tolong diperhatikan, jangan sampai gagal fokus, jangan sampai salah kode. Karna google orangnya baperan hehehe. Waspadalah dan Terima kasih.

Advertisement