Order Pesanan Lewat Tombol Whatsapp? Emang Bisa?

Teknik jualan yang biasa dipakai oleh para pemilik online shop saat ini adalah membuat link auto order melalui nomor WA, yang ketika diklik akan langsung membuat calon pembeli melakukan chat otomatis ke whatsApp si penjual. Jadi si calon pembeli tadi dapat lebih mudah untuk berkomunikasi dengan sobat dan menghubungi sobat.

Kenapa teknik ini bagus?

  1. Bisa langsung chat tanpa perlu save nomor.
  2. Calon buyer tidak akan ribet menulis format pemesanan. Pemilik toko bisa menentukan sendiri tulisan apa yang muncul ketika link di-klik.
  3. Linknya sangat pendek dan mudah diingat karena shortlink bisa dicustom.

Dengan sekali klik, calon pembeli bisa langsung menghubungi sobat tanpa perlu melewati proses simpan nomor atau ketik format pemesanan terlebih dulu. Hal ini akan membuat senang calon pembeli, karena mereka merasa dimudahkan dalam berbelanja. Jadi si calon pembeli pun merasa dipuaskan dengan layanan terbaik dari penjualan sobat tersebut. Bandingkan dengan cara lama. Penjual hanya mencantumkan nomor hp saja dan meminta calon pembeli untuk menghubungi ke nomor tersebut. Wah, rasanya kurang praktis. Maka dari itu, aku coba buatkan cara simplenya, yang mungkin akan bermanfaat dan membantu buat sobat semua. Untuk itu, jika sobat tertarik dengan artikel ini, silahkan ikuti panduan langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pengaturan Pesan

Cara ini sudah dibahas di artikel sebelumnya yang berjudul cara mengirim pesan whatsapp tanpa simpan nomor hp. Disini aku akan jelaskan lagi agar lebih detail. Dengan memanfaatkan API resmi dari whatsapp yang formatnya seperti ini: https://wa.me/<nomor>?text=<pesan>
Contoh lengkap :

https://wa.me/6289912345678?text=FORMAT%20PEMESANAN%0A--------%0ANama%3A%0AAlamat%3A%0AKode%20Barang%3A

<nomor> adalah nomor handphone sobat. Wajib ditulis menggunakan kode negara. Karena kita ada di Indonesia, kodenya adalah 62. Jika nomornya 089912345678 harus diganti menjadi 6289912345678.
<pesan> adalah isi pesan yang akan dikirim. Harus dalam format text yang di-encode, artinya semua karakter khusus seperti spasi, baris baru (enter) dan sebagainya diganti dengan kode HTML. Selain itu, bisa juga memasukkan format text bawaan pada whatsapp. Contohnya seperti dibawah ini:

Baca Juga:  8 Cara Melindungi Website Dari Hacker

*: *igniel* untuk membuat huruf tebal (bold) igniel

_: _igniel_ untuk membuat huruf miring (italic) igniel

~: ~igniel~ untuk membuat huruf tercoret (strikethrough) igniel

```: “`igniel“` untuk membuat huruf monospace igniel

 

2. Encode Pesan

#1. Kita akan gunakan layanan encode gratis > caranya buka link dibawah.

Advertisement
https://www.urlencoder.org

#2. Masukkan dan isi pesan ke kotak yang tersedia seperti gambar dibawah ini > lalu tekan tombol ENCODE. Nanti akan muncul hasil encode dikotak kedua di bawahnya.

Cara Bikin Link Auto Order WA WhatsApp

Linknya sudah siap. Copy terlebih dahulu link diatas. Tapi bentuknya masih jelek karena terlalu panjang, susah dibaca dan susah diingat. Untuk merubah linknya seperti dibawah ini:

Baca Juga:  Bagaimana Sih Cara Menjadi Populer Di Instagram?
bit.ly/ignielwa

Kita akan memanfaatkan layanan URL shortener gratis bernama bitly, agar memperkecil link kita menjadi SEO dan optimal. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
#1. Buka website resmi bitly yang beralamat di:

https://bitly.com

#2. Lakukan registrasi.
#3. Setelah proses registrasi selesai > login ke akun masing-masing > klik tombol CREATE yang ada di kanan atas.

Cara Memendekkan Link Chat WhatsApp Custom URL

#4.  Pastekan link auto order whatsapp yang tadi kita copy ke kotak PASTE LONG URL > lalu  klik tombol CREATE.

Tutorial Memperpendek Link Order WhatsApp dengan Custom Name

#5. Sekarang masuk ke proses pengaturan. Pada bagian TITLE > tuliskan judul dari link yang dipendekkan tadi. Pada CUSTOMIZE > tuliskan nama pendek yang akan digunakan untuk shortlink nnti. Misalnya menulis akupesan, maka link akhirnya akan berbentuk seperti ini:

bitly.com/akupesan

#6. Klik tombol SAVE.
#7. Selesai.

Cara Membuat Link WA di Bitly

Baca juga : cara menampilkan gambar thumbnail dan deskripsi blog terbaru di whatsapp.

Bagaimana sobat, apakah tutorial tentang cara bikin link auto order whatsapp ini mudah diikuti?. Jika iyah, silahkan dicoba yah. Kalau misalnya masih bingung dan ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Jangan malu bertanya yah, biar gak sesat dijalan hehehe. Mungkin itu aja sih dari aku. Terima kasih.
Baca Juga:  Cara Mematikan Anti Virus Windows 10 Dengan Mudah