Kita Dapat Uang Dari Adsense, Terus Adsense Dapat Uang Dari Siapa?

Seperti yang sobat ketahui, sangatlah mungkin untuk mendapatkan uang dari google adsense. Karna google adsense adalah sebuah program yang menyediakan jasa iklan pada situs sobat, yang disesuaikan dengan tema dari website atau blog yang sobat miliki. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka sobat akan mendapatkan uang. Namun, tahukah sobat darimana uang tersebut berasal?. Untuk menjawab rasa penasaran ini, yuk mari baca penjelasannya dibawah ini.
 

1. Google Adwords

Google Adwords
Bagi siapapun yang menginginkan iklannya supaya muncul di internet, bisa mendaftar pada google adwords program. Kebalikan dari google adsense, google adwords merupakan suatu program yang mewadahi orang-orang yang ingin beriklan di internet, seperti blog atau website contohnya. Dalam pengertian singkat, google adsense adalah penyedia iklan gratis, sedangkan google adwords adalah penyedia iklan berbayar. Jadi, jika sobat pernah menjumpai iklan berbahasa indonesia seperti shopee, lazada, niagahoster atau apapun itu. Itu merupakan iklan yang dibayarkan ke google adwords, yang kemudian akan ditampilkan oleh google adsense.

Baca Juga:  Daftar Penyedia Iklan Terbaik Dengan Bayaran Mahal dan Gak Pakai Ribet 2019

2. Cara Kerja

Pengiklan membuat suatu iklan terlebih dahulu, dalam bentuk gambar, teks atau video. Kemudian pengiklan itu membayar ke google adwords, agar iklan mereka ditampilkan pada situs web orang-orang yang telah mendaftar di google adsense. Istilahnya, iklan kita ditampilkan di blog orang-orang yang sudah daftar adsense.

Seperti situs web niagahoster yang ingin produknya di iklankan oleh google adsense. Maka, pihak niagahoster harus membayar pihak google adwords untuk mengiklankan produknya kemudian ditampilan oleh google adsense. Jadi pada dasarnya adwords dan adsense seperti kakak beradik. 

3. Google Adsense

Google Adsense

Sekarang sistem adsense dan adwords sudah sangat canggih, dan mereka bekerjasama dengan sangat baik. Sehingga, google akan memastikan bahwa iklan-iklan yang ditampilkan mempunyai topik yang berhubungan dengan situs web pengiklan. Maka dari itu, yang pengiklan inginkan adalah pengunjung situs web yang benar-benar tertarik pada produk atau layanan mereka. 

Besar kecilnya nilai yang diberikan pada suatu klik iklan, berbeda-beda tergantung pengiklannya. Adwords biasanya menjual nilai klik iklan pada sistem pelelangan otomatis. Intinya, semakin banyak uang yang pengiklan tawarkan untuk suatu klik iklan, semakin sering pula iklan tersebut akan ditampilkan. Yang berarti, semakin besar kesempatan orang-orang untuk mengeklik iklan pada situs web tersebut.

4. Cara Kerja

Sebagai publisher adsense, kita akan dibayar untuk setiap klik yang didapatkan dari iklan-iklan pada situs web kita. Namun harus selalu di ingat, bahwa klik tersebut harus berasal dari orang-orang yang benar-benar tertarik pada iklan yang ditampilkan. Karena google bisa merekam segala aktivitas pengunjung setelah mengklik suatu iklan pada google adsense. 

Diakhir cerita yang panjang ini intinya yaitu, uang yang sobat dapatkan dari adsense berasal dari para pengiklan yang tergabung pada google adwords. Dan sebagai publisher adsense yang baik, setidaknya kita harus bisa menjamin bahwa klik yang dihasilkan dari situs web kita adalah klik dari pengunjung yang benar-benar tertarik pada iklan yang dipasang oleh pengiklan adwords. Bukan pakai cara curang dan jahat. 

Baca Juga:  Istilah-istilah Yang Ada Di Google Adsense

Jadilah publisher yang jujur dan taat peraturan, karna jika kita melakukan semua dengan niat baik. Maka kita akan memperoleh hal baik juga. Jangan iri dengan orang sukses diluar sana, tapi irilah pada diri sendiri. Kenapa mereka bisa, aku gak bisa?. Mungkin itu aja sih saran dari aku. Semoga dapat dimengerti dan termotivasi. Terima kasih hehehe.

Advertisement