Ingin Bisnis Panjang Umur? Cobalah Tips Mudahnya Berikut Ini

Bagi Anda yang ketika ini sedang mengelola ataupun menyebarkan sebuah bisnis Ingin Bisnis Panjang Umur? Cobalah Tips Mudahnya Berikut Ini
Image dari Kompas.com

Bagi Anda yang ketika ini sedang mengelola ataupun menyebarkan sebuah bisnis, tentu terbesit dalam benak sebuah harapan bisnis Anda dapat erjalan dalam jangka yang panjang tidak hanya satu atau dua tahun saja. Keinginan menyerupai ini nampaknya merupakan hal yang masuk akal dan memang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur.

Alasannya, dengan harapan yang berpengaruh untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang, dapat menjadi tolak ukur awal keseriusan dan juga semangat Anda dalam menjalankan perjuangan tersebut. Namun permasalahannya adalah, untuk menyebarkan sebuah bisnis yang berorientasi jangka panjang tidaklah selalu berjalan mulus. Akan ada bermacam-macam cobaan dan persoalan yang dapat menciptakan bisnis Anda runtuh bahkan dalam masa awal pengembangannya.

Jika ingin mempunyai bisnis jangka panjang, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi yang sangat baik untuk Anda terapkan.

1. Memikirkan Hal yang Tak Terduga

Sebagai seorang pebisnis, mempunyai kebiasaan untuk berpikir banyak hal yang mungkin saja terjadi merupakan ciri konkret yang harus Anda miliki. Berupaya untuk memikirkan hal yang tidak terduga bisa melatih otak Anda untuk terbiasa memikirkan solusi terhadap persoalan yang dapat tiba kapan saja. Permasalahan semacam ini terutama sangat sering muncul di tahun-tahun awal menyebarkan bisnis.

Baca Juga:  Jangan Lupakan 4 Hal Ini Saat Menawarkan Hutang Pada Orang Lain

Tipsnya adalah, coba untuk berfikir bagaimana kemungkinan terburuk yang bisa muncul terhadap bisnis Anda. Dari situ coba catat persoalan tersebut dan cari solusinya dengan cara yang paling mudah. Semisal persoalan pasar, kalau memang produk yang Anda tawarkan mempunyai ceruk pasar yang relatif minim, cobalah untuk menyebarkan pasar sendiri. Buatlah sesuatu yang gres yang bisa menarik minat konsumen, mungkin tidak untuk ketika ini namun pasar tersebut akan terbentuk dan bakal menguntungkan beberapa waktu mendatang.

Advertisement

Cara lain yang bisa Anda tempuh yakni dengan menciptakan perencanaan bisnis atau business plan. Dengan adanya perencanaan bisnis kita bisa merinci dengan detail terkait banyak variabel yang menghipnotis bisnis kita. Variabel tersebut dapat peluang, potensi, persaingan serta banyak hal lain yang muncul di masa mendatang. Semakin cermat Anda menyusun business plan tersebut, akan semakin baik efeknya bagi nasib bisnis Anda nantinya.

2. Rajin Melirik Aktivitas Pesaing

Tips berikutnya untuk mempunyai bisnis jangka panjang yakni tidak bosan untuk mempelajari kegiatan dari pesaing bisnis Anda. Pesaing bisnis terkadang bisa juga menjadi alat bagi kita untuk merencanakan sesuatu di masa depan. Karena tak jarang pesaing bisnis kita tersebut sudah menemukan alternatif cara atau taktik yang lebih baik daripada kita.

Baca Juga:  Cara Alternatif Untuk Lunasi Hutang, Tak Ada Salahnya Mencoba

Tugas kita adalah, terus mengamati pergerakan pesaing bisnis dan mencoba untuk menganalisa taktik menyerupai apa yang mereka terapkan dan balasannya berhasil. Metode ATM atau amati tiru modifikasi bisa Anda terapkan untuk menggali banyak sekali hal menyerupai produk sampai strategi marketing yang diterapkan oleh para pesaing.

Namun yang harus diingat adalah, Anda harus fokus pada pengembangan bisnis sendiri, jangan terlalu terpaku pada bisnis pesaing. Terus tingkatkan pelayanan, marketing dan juga jangan lupakan kualitas produk Anda.

3. Manfaatkan Fasilitas Marketing Online

Saat ini semuanya sudah mulai bergeser dari gaya marketing offline kepada marketing online. Bahkan untuk banyak sekali macam produk yang dulunya dirasa kurang pas kalau dijual secara online, sekarang sudah banyak dijual lewat media internet. Makara tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memakai kemudahan marketing online sebagai salah satu taktik penjualan Anda.

Baca Juga:  Tips Paling Sederhana Membangun Toko Online Untuk Para Wanita Muda

Berbicara ihwal marketing online, pola yang paling sederhana yakni menjual lewat media sosial. Media sosial yang merupakan daerah berkumpulnya masyarakat maya tentu bisa menjadi lokasi strategis bagi Anda untuk memperkenalkan bisnis. Jika kita sudah mempunyai basis merk online, maka secara perlahan akan terbentuk pondasi yang berpengaruh untuk bisnis kita di masa depan.

Alasannya adalah, dengan adanya merk bisnis online tersebut, bisa dibilang dapat bertahan lebih lama dari pada aset bisnis offline. Belum lagi dalam hal kecepatan penyebaran informasi, marketing online tentu menunjukkan potensi yang jauh lebih besar. Di lain sisi, ketika ini memanfaatkan kemudahan marketing online kita juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Bagi yang sudah mempunyai basicnya, bahkan bisa melaksanakan secara mandiri.

Untuk mempunyai sebuah bisnis dengan visi jangka panjang, sudah barang niscaya memerlukan waktu yang tidak sebentar. Proses untuk menata pondasi bisnis membutuhkan perjuangan dan juga konsistensi dari diri Anda selaku pemilik bisnis. Apakah Anda siap untuk menjalankan semua itu?