Halaman Penting yang Harus dimiliki Sebuah Blog Agar Cepat Diterima Pihak Adsense

Bagi sobat yang sedang membuat blog baru atau baru mengenal blog, sebaiknya sobat menyiapkan beberapa halaman penting yang harus ada di sebuah blog yang sobat miliki. Halaman ini harus ada karena salah satunya menunjukan identitas blog serta kebijakan blog dan sebagainya. Jika tidak ada halaman ini, bisa di ibaratkan sebuah ruangan kosong tanpa isi. Salah satu fungsinya adalah untuk memenuhi salah satu syarat mendaftar Google AdSense, yaitu blog sobat harus terdapat halaman-halaman penting tersebut. Bagi yang penasaran halaman-halaman apa yang penting itu, perhatikan ulasan berikut ini.

Halaman Penting yang Harus dimiliki Sebuah Blog

Terdapat kurang lebih 6 halaman penting yang harus ada dalam sebuah blog, berikut ini adalah beberapa halaman penting tersebut.

1. Halaman About (Tentang Saya/Kami)

Cara Membuat Halaman About Keren dan Responsive
Halaman About dapat berisi tentang data diri sobat atau blog sobat, dengan begitu sobat bisa menjelaskan kepada pengunjung siapa diri sobat dan apa visi dan misi dari blog sobat. Contohnya adalah halaman About blog ini. Jika sobat bingung, aku sarankan untuk sobat kunjungi situs-situs yang ada di internet, terutama blog profil, pasti ada halaman about yang bisa sobat jadikan referensi untuk membuat halaman about di blog. 

Bang, aku pengen buat halaman about kayak abang, gimana caranya?

Untuk membuat halaman about seperti blog ini cukup mudah kok, klik aja link ini. Nanti disana, sobat akan diberikan panduan lengkap untuk membuatnya.

Baca Juga:  Cara Membuat Tempat Kode HTML Prism Syntax Warna-Warni di Blog

2. Halaman Contact (Kontak Saya/Kami)

Cara Terbaru Membuat Contact Form di Blog
Seperti namanya, halaman ini berfungsi untuk menghubungi atau sebagai media komunikasi antara pengguna dengan admin sebuah blog. Halaman ini biasanya berbentuk formulir atau berupa cara untuk menghubungi admin blog. Contohnya adalah halaman Contact Form blog ini. Jika sobat bingung bagaimana cara untuk membuat halaman kontak, sobat bisa kunjungi artikel berikut ini : Memasang Widget Formulir Kontak Di Halaman Statis.

3. Halaman Sitemap (Daftar Isi)

Cara Membuat Daftar Isi di Blogger
Halaman ini berfungsi untuk menampilkan semua artikel postingan yang ada di blog sobat. Sebenarnya halaman ini sudah ada secara otomatis di blog sobat. Jika sobat menggunakan flatform blogger. Untuk mengecek nya, sobat bisa mengunjungi situs ini : https://www.urlblogsobat/sitemap.xml, namun tampilan nya akan sulit di mengerti oleh pengunjung. Maka dari itu, perlu kita mendesain nya agar terlihat rapi, contohnya seperti Sitemap blog ini. Jika sobat tertarik dan ingin membuatnya, silahkan kunjungi artikel berikut ini : Membuat Daftar isi Otomatis Berdasarkan Label.

4. Halaman Disclaimer

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blogger
Halaman Disclaimer adalah halaman yang berisi kebijakan dan aturan atau tata tertib yang terkait dengan konten dalam sebuah blog yang harus dipahami pengunjung. Untuk membuat halaman disclaimer sangatlah mudah, karena tersedia tools online yang dapat sobat gunakan untuk membuat disclaimer secara otomatis, berikut ini merupakan tool online nya : Disclaimer Generator.

5. Halaman Privacy

Cara Membuat Halaman Privacy Policy di Blogger
Halaman yang satu ini tidak jauh berbeda dengan halaman disclaimer, yaitu halaman yang berisikan kebijakan dan aturan atau tata tertib pada sebuah blog.  Berbeda dengan halaman disclaimer yang terkait dengan konten blog, halaman privacy lebih mengarah kepada aturan untuk informasi pengunjung blog. Misalnya, beberapa aturan atau kebijakan terkait data-data situs web aturan web. Dengan ini sobat bisa menginformasikan kepada pengunjung bahwa blog sobat memiliki hak untuk mengakses informasi pengunjung, misal cookies atau sejenisnya. Berikut merupakan tool online pembuat privacy policy secara otomatis : Privacy Policy Generator.

6. Halaman Terms Of Service (TOS)

6. Halaman Terms Of Service (TOS)
Halaman ini berisikan beberapa aturan terkait dengan beberapa larangan dari pemilik blog. Larangan tersebut memiliki tujuan agar supaya konten blog tidak di salah gunakan oleh pengunjung. Jadi tidak ada salahnya untuk membuat halaman Terms Of Service (TOS), meskipun sudah memasang halaman Disclaimer dan Privacy Policy yang sama-sama berisi aturan, namun di setiap halaman tersebut berisi aturan yang berbeda juga. Berikut ini adalah Tool yang dapat di gunakan untuk membuat Terms Of Service (TOS) secara otomatis : Terms Of Service (TOS) Generator.

Baca Juga:  Logo Google Adsense baru 2018 PNG dan JPG Full HD

7. Pastikan Blog sobat sudah berumur 2 minggu atau 1 bulan

Umur Blog Untuk Mendaftar Google Adsense
Umur blog juga merupakan salah satu syarat diterimanya akun adsense sobat. Dikarenakan google membutuhkan waktu untuk memverifikasi blog sobat, apakah blog sobat sudah memasang beberapa halaman diatas dengan baik dan benar. 
 
Disarankan, pastikan semua halaman diatas sudah terpasang dengan baik dan benar. Dan juga pastikan untuk membuat artikel satu dalam 1 hari, agar google percaya bahwa sobat benar-benar serius untuk ngeblog dan beriklan bersama mereka.
Itulah beberapa halaman penting yang harus ada dalam sebuah blog. Jadi pastikan, blog sobat membuat beberapa halaman tersebut, agar pihak google maupun adsense percaya, bahwa sobat benar-benar serius. 
Advertisement