Cara Mengubah User Agent di Browser Google Chrome

Dalam komputasi, User Agent merupakan software yang bertindak pada web browser untuk memberitahukan informasi website tentang browser dan sistem operasi. Hal ini ni memungkinkan situs web untuk menyesuaikan konten untuk kemampuan perangkat tertentu.Dengan kata lain User Agent dapat menyesuaikan perangkat dan jenis sistem operasi web browser yang digunakan.

Kita dapat memaksa browser dengan memanfaatkan user agent agar seolah-olah website dibuka diperangkat lain, misalnya saat saya membuka website tertentu di browser desktop maka dengan user agent kita dapat memaksa browser untuk menampilkan web dalam format tampilan mobile. Secara otomatis web browser akan menampilkan tampilan website yang dibuka menjadi versi mobile.

Baca Juga:  Apa Itu Coding? Dan Bagaimana Cara Belajar Coding?

User agent juga sering digunakan para debugger web untuk menyesuaikan tampilan website yang dibuat jika di buka di mobile baik di Android ataupun Iphone. Selain itu dengan user agent juga dapat digunakan untuk menghemat kuota internet. Karena dengan tampilan mobile yang kita paksakan di browser desktop, resouces yang akan diload akan lebih kecil dibandingkan jika membuka website pada tampilan desktop.

Disini saya akan menyampaikan bagaimana cara mengubah User Agent di browser Google Chrome. Untuk mengubah User Agent di Google Chrome ada dua cara, yaitu tanpa extension dan juga dengan menggunakan extension.

Advertisement
Baca Juga:  Cara Mеnаmbаh Jumlаh Lіkе аtаu Suka Pada Halaman Fасеbооk

Tanpa menggunakan Extensions/Ekstensi

Untuk mengubah User Agent tanpa ekstensi dapat dilakukan dengan cara berikut.
1. Buka Google Chrome lalu ketik di keyboard Ctrl+shift+i atau klik menu titik tiga di atas kanan browser More tools pilih Developer tools.



2. Klik menu titik tiga di atas kanan menu Developer tools – More tools – pilih Network conditions.

Network condition Chrome
3. Pada User agent unceklis pada pilihsan select automativaly, lalu pilih user agent yang diinginkan di menu Custom.
User-Agent Developer tools Chrome
4. Inilah tampilan Website Google seolah-olah dibuka di Iphone
User Agent Chrome

Menggunakan Extensions/Ekstensi

Selain cara diatas ada juga cara yang lebih mudah yaitu menggunakan ekstensi yang bernama User-Agent Switcher. Caranya sebagai berikut.
1. Download ekstensinya dulu yaitu User-Agent Switcher
 
2.  Setelah itu klik iconnya di pojok kanan atas lalu pilih User-Agent yang diinginkan.
User-Agent Switcher
3. Untuk kembali ke tampilan semula cukup pilih saja yang Default.
Sekian saja artikel Cara Mengubah User Agent di Browser Google Chrome, Semoga bermanfaat!!!.
Advertisement