Cara Mengoptimalkan RAM Smartphone Android Tanpa Software

Apabila anda mengalami masalah pada perangkat Smartphone Android yang Lambat atau cepat Panas sehingga kinerja Perangkat menjadi lambat atau Leg, biasanya ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya dan salah satunya adalah RAM. Simak sedikit Tips supaya Perangkat Smartphone Anda menjadi lebih kencang dan memperlambat kerusakan yang ditimbulkan.
Inilah Cara Mengoptimalkan RAM di Perangkat Smartphone Android yang cukup mudah dilakukan.

RAM Smartphone

(Random Access Memory) atau yang lebih dikenal sebagai RAM diambil dari bahasa inggris yang berpungsi sebagai penyimpan data, dan dapat di akses dalam waktu yang tepat tanpa memperdulikan letak data tersebut dalam memory. Dengan kata lain RAM dapat menyimpan data dari perangkat apabila perangkat tersebut mengakses berbagai macam hal seperti membuka internet, membuka Aplikasi, dan lain-lain yang ada pada perangkat (di baca dan di tulis).
RAM sendiri berbeda dengan penyimpanan Memory dimana RAM hanya menyimpan data sementara yang data tersebut diambil apabila perangkat digunakan untuk mengakses, lain halnya dengan memory (virtual) yang menyimpan data mentah atau ukuran sebuah aplikasi dengan rangka kosong tanpa isi.
Sebagai contoh, apabila ada ukuran aplikasi sebesar 10MB maka memory akan menyimpan ukuran tersebut dan apabila perangkat mengakses Aplikasi tersebut maka selebihnya adalah RAM dan di salurkan ke Rom.
ROM juga dapat menyimpan data hasil dari akses baca dan tulis, dengan kata lain Rom tida menyimpan data mentah seperti memory.

Baca Juga:  Cara Menyadap WhatsApp dengan Whatscan Whatsweb

Pengoptimalan

Di jaman sekarang yang kian maju banyak Smartphone berkapasitas RAM super gede dengan menyematkan RAM sebesar 1-3gb yang di klaim mampu untuk menjalankan segala kebutuhan dalam belajar atau untuk bermain Games misalnya. Tetapi, banyak dari mereka yang mengeluhkan dengan kapasitas RAM di Smartphone mereka cepat penuh atau Smartphone menjadi Leg saat dipakai mengakses berbagai macam aplikasi yang mereka gunakan pada perangkat tersebut.

Biasanya Smartphone menjadi leg atau lambat dalam pengoprasian dikarenakan RAM yang ada pada perangkat tersebut penuh atau habis, terlebih bagi pengguna yang mengakses lewat internet. Data yang tersimpan didalam RAM memang tidak permanaen atau bersifat sementara tetapi apabila Smartphone yang digunakan mengakses beberapa macam Aplikasi sekaligs otomatis data yang tersimpan pada RAM tersebut menjadi banyak atau penuh dan akan di alihkan ke penyimpanan lain, akan tetapi pengerjaannya akan tidak stabil alias lambat.
Untuk SmartphoneRAM tidak bisa diganti atau ditambah seperti halnya pada perangkat komputer seperti Laptop atau PC melainkankan sudah bawaan pabrik atau standar perangkat tersebut yang sudah di sesuaikan. RAM berkapasitas besar atau yang super gede pada perangkat Smartphone memang di sarankan (recomendasi) untuk menjalankan segala kebutuhan termasuk bermain Games. Bermain games membutuhkan RAM yang besar karena data yang akan tersimpan membutuhkan kapasitas yang besar pula terlebih games online yang sekarang banyak ditemukan di Google PlayStore (Android). Dikalangan remaja Smartphone tidak selalu digunakan untuk belajar melainkan untuk bermain Games dan yang lebih menonjol adalah bermain games online.

Games online biasanya membutuhkan beberapa hal supaya permainan tetap lancar seperti sinyal data, RAM, dan tentu saja perangkat yang mendukung permainan itu sendiri.  Lalu bagaimana jika perangkat yang digunakan termasuk perangkat jadul (jaman dulu) yang kapasitas RAM nya terbatas?
Ada beberapa cara untuk Pengoptimalan pengguna perangkat Smartphone yang kapasitas RAM nya terbatas untuk bermain games online.

Menghentikan Aplikasi Berjalan

Pertama adalah dengan cara Menghentikan Aplikasi Berjalan. Ini adalah langkah awal untuk Mengoptimalkan RAM pada perangkat Smartphone anda. Apabila perangkat sedang mengakses Aplikasi seperti BBM, FacebookInstagramTwitter dan lain-lain, cobalah untuk keluar (Exit) dari Aplikasi tersebut supaya data yang akan diambil oleh permainan tidak terbagi dengan Aplikasi yang lain sehingga mempercepat proses penyimpanan data pada RAM. Apabila langkah di awal tidak dilakaukan maka RAMakan kesulitan dalam menyimpan data yang ada, efeknya perangkat akan menjadi lambat dan cepat panas.

Memasang Aplikasi Pembersih

Apabila Anda tidak suka dengan cara yang rumit, Cobalah untuk Memasang Aplikasi Pembersih dan ini adalah langkah selanjutnya untuk Mengoptimalkan RAM pada perangkat Smartphone. Banyak sekali aplikasi pembersih yang sudah ada untuk perangkat Smartphone Android yang mudah didapatkan dari Google PlayStore dengan versi gratis ataupun berbayar. Dengan Aplikasi pembersih yang andal, juga dapat meningkatkan kapasitas RAM yang akan meningkatkan performa perangkat.
Cobalah dengan menggunakan aplikasi pembersih yang berbayar atau full version untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.


Advertisement
Baca Juga:  5 Cara Membedakan Kabel Fast Charging Asli atau Palsu

Menghapus Data Aplikasi

Menghapus Data Aplikasi memang sedikit disayangkan, karena setiap anda login kesebuah Aplikasi maka akan diminta memasukan kembali seperti nama pengguna dan password. Dengan kata lain Aplikasi tersebut akan kembali seperti semula atau di ulang dari awal. Sebagai contoh, apabila anda Login ke sebuah Aplikasi media sosial maka dengan cara ini anda akan diminta memasukan nama pengguna dan password, tetapi setelah anda login kembali maka semua data akan seperti semula.


Baca Juga:  Cara Mematikan Anti Virus Windows 10 Dengan Mudah

Menghapus Aplikasi Online Yang Tidak Terpakai

Untuk Mengoptimalkan RAM pada perangkat Smartphone Android Yang terakhir adalah Menghapus Aplikasi Online Yang Tidak Terpakai.
Menghapus aplikasi online yang tidak terpakai lagi dengan cara unistall adalah langkah yang baik karena percuma saja ada Aplikasi tersebut tetapi hanya mempengaruhi system kinerja pada perangkat. Hapuslah Aplikasi Online Yang Sudah Tidak Terpakai apalagi Aplikasi yang membutuhkan koneksi internet didalam starup.

Advertisement