Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Setelah beberapa tahun ini, akhirnya adsense mengembangkan sistem dan produknya yaitu Interactive Advertising Bureau (IAB), guna meningkatkan transparansi dalam program periklanan. Dan google adsense akhirnya ikut menerapkan ads.txt ini. 

Ads bukan kepanjangan dari Adsense, tapi Authorized Digital Sellers atau Penjual Iklan Digital Resmi. Langkah ini merupakan cara melindungi pengiklan dan penayang iklan. Memang tidak sedikit kasus penyalahgunaan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Misalnya menampilkan iklan dengan menggunakan ID Penayangan orang lain. Alhasil kasus seperti bomb klik dan auto refresh pada blog, membuat pihak adsense rugi karena membayar untuk sesuatu yang hal yang tidak penting tersebut.
Mengaktifkan ads.txt hukumnya wajib, bagi yang mau gabung menjadi publisher adsense. Jika tidak mengaktifkannya, biasanya pemberitahuan dari google adsense seperti dibawah ini.

Penghasilan Anda berisiko –  Satu atau beberapa file ads.txt sobat tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan sobat.


Dari pemberitahuan di atas dapat kita lihat bahwa ini merupakan masalah serius, yang perlu kita atasi atau perbaiki secepat mungkin. Karena dapat beresiko kepada pendapatan sobat dan iklan yang tidak muncul pada situs web sobat. Untuk caranya silakan ikut langkah-langkahnya dibawah ini :
#1. Masuk ke Blogger.
Tampilan awal menu blogger


#2. Pilih Menu penghasilan > lalu copykan kode yang ditandai dibawah ini kedalam notepad.

Baca Juga:  Trik SEO Cara Membuat Breadcrumbs
Tampilan menu penghasilan di blogger


#3. Pilih menu setelan > pilih preferensi penelusuran > dan scroll kebawah lalu pilih ads.txt kustom > klik edit

Menu setelan di blogger


#5. Kemudian sobat akan diberikan 2 pilihan, pilih saja yes.

Menu setelan di blogger 2


#4. Lalu masukkan kode pub iklan adsense sobat. Dan sesuaikan dengan kode berikut ini :

Advertisement
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0


#5. Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Adsense sobat yang kita copy dinotepad tadi > kemudian klik Simpan perubahan.

Menu setelan di blogger 3

#6. Untuk mengecek apakah Ads.txt sudah aktif, sobat bisa cek di tab pencarian browser dengan link seperti ini ,dan ganti nama_domain dengan alamat blog sobat.
http://www.nama_domain.com/ads.txt 
#7. Selesai. 

Sekian tutorial kali ini. Semoga langkah yang dilakukan diatas, bisa mempercepat loading proses aktifikasi akun adsense sobat. Sekian. Salam blogging. Salam damai. Terima kasih hehehe.
Advertisement