Cara Menciptakan Blog / Website Dengan WordPress.Org (Selft Hosted)

WordPress merupakan salah satu platform yang paling banyak dipakai untuk menciptakan website atau blog. Platform ini sanggup mendapatkan amanah untuk menciptakan sebuah website profesional dengan tampilan yang menarik dan juga responsive.

Dan kabar baiknya adalah, WordPress sangat gampang dipakai oleh semua kalangan, baik itu para pemula ataupun mereka yang sudah ahli dalam menciptakan website. Selain mengatakan platform yang user friendly, WordPress juga didukung dengan ribuan plugin yang sanggup mempermudah menggunakan wordpress.

1.  Membeli Hosting & Domain

Berbeda dengan wordpress.com wordpress.org (selft hosted) mewajibkan Anda untuk mempunyai hosting dan domain dari pihak ketiga.

Advertisement

Harga hosting bermacam-macam, tergantung kualitas dan kapasitas penyimpanan yang di sediakan, untuk domainya Anda tidak perlu khawatir, alasannya ialah rata-rata penyedia hosting juga mengatakan domain gratis yang sanggup Anda pakai.

Jika Anda masi pemula dan Anda masi buta terhadap hosting, saran dari aku Anda sebaiknya menggunakan penyedia hosting dalam negeri, misal Niagahoster, hostinger dll Agar pelayananya lebih mudah.

Baca Juga:  Cara Optimasi SEO On Page dengan Mudah di Blog | Asli Belajar Sendiri Part 3

Cara membeli hosting dan domain:

1.  Buka Niagahoster.co.id , sesungguhnya Anda sanggup membeli domain dan hosting di daerah lain, namun aku kali ini aku merekomendasikan Anda menggunakan niagahoster.

2.  Pilih paket hosting yang sesuai dengan keperluan Anda, bila Anda masi kebingungan dalam menentukan hosting Anda bisa baca artikel berikut 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website Anda.

Jika telah tamat melaksanakan pembelian hosting, Anda sanggup menginstal-nya ke wordpress, selengkapnya; Cara Instal WordPress via cPanel.

2.  Menginstal Theme (template) Sesuai Keinginan Anda

Setelah berhasil menginstal hosting di wordpress Anda tahap selanjutnya ialah melaukan beberapa pengaturan menyerupai menciptakan judl blog mengganti theme dll.

Mengatur templata pada WordPress sangat besar pengaruhnya pada tampilan layout website Anda secara keseluruhan.

Baca Juga:  Cara Cepat Memperbaiki/Menurunkan Alexa Rank

Saat menginstal WordPress, biasanya template default akan ikut ter-instal ke dalam hosting Anda. Tampilan template ini standar dan tidak semua orang menyukai tampilan standar theme dari WordPress.

Nah bila Anda ingin mempunyai website dengan tampilan yang unik dan menarik, maka Anda perlu menginstal theme (template) tertentu.

Saran aku Anda membeli theme wordpress yang premium, biar tampilan website Anda lebih bagus, untuk membeli theme premium Anda bisa cari di; Theme Forest, Mythemeshop, ThemeLab dll.

Walaupun demikian Anda bisa menggunakan theme gratis bawaan wordpress, Anda sanggup mencarinya pribadi dari halaman dashboard WordPress Anda, yaitu di bab Appearance > Theme > Add New. Anda bisa mencari theme yang sesuai dengan impian Anda.

3.  Menginstal Plugins & Membuat Pengaturan

Untuk menciptakan WordPress Anda bekerja lebih optimal, maka dibutuhkan beberapa pengaturan dan juga menginstal beberapa plugins penting. Beberapa pengaturan sederhana ini sanggup mengatakan dampak yang besar bagi website Anda, di antaranya;

  • Membuat page gres untuk halaman About, Kontak, Privacy Policy, dan lainnya.
  • Mengatur widget di sidebar.
  • Mengatur posisi link untuk sajian kategori.
  • Menambahkan logo dan banner.
  • Dan lain-lain.
Baca Juga:  Cara Menampilkan Iklan Di Sela Sela Matched Content Adsense

Menginstal plugin WordPress ialah hal yang sangat sangat penting untuk meningkatkan kemampuan blog/ website WordPress Anda. Beberapa plugin penting yang harus Anda instal di blog / website WordPress Anda diantaranya;

  • WordPress SEO by  Yoast.
  • Google XML Sitemaps.
  • SEO Friendly Images.
  • Wordfence Security.
  • Dan lain-lain.

4.  Sekarang Anda Sudah Dapat Memuat Postingan

Website Anda sudah siap untuk digunakan. Silakan posting apapun yang Anda suka, jangan lupa mendaftarkan blog / website Anda ke Webmaster biar sanggup muncul di Google.
Sumber https://www.mastimon.com/

Advertisement