Cara Membuat Notifikasi Blog Keren

Web push notifications merupakan pesan atau pemberitahuan pop-up yang muncul pada layar desktop maupun smartphone sobat ketika membuka halaman suatu situs web. Web push notifications ini memiliki banyak sekali fungsinya yang salah satunya bisa kita manfaatkan untuk pesan pemberitahun blog. Fungsi utama dari web push notification ini untuk menginformasikan kepada pengunjung situs web untuk mendapatkan sebuah informasi terbaru.

Aku yakin apabila situs web sobat memiliki konten atau artikel yang menarik dan informatif, hal ini dapat membantu sobat untuk mempertahankan pengunjung di situs web sobat. Pada dasarnya web push notification ini digunakan untuk website-website yang menggunakan platform wordpress atau jenis situs web yang memuat berita. Jadi tunggu apalagi, yuk langsung saja ikuti panduan pembuatannya dibawah ini.

Cara Memasang Web Push Notifications di Blogger

#1. Buka situs onesignal.com.
#2. Kemudian scroll ke bagian paling bawah dan klik sign up for free.
Buat Akun di OneSignal
#3. Sobat akan dibawa ke proses pendaftaran akun terlebih dahulu. Disini sobat bisa daftar dengan menggunakan akun sosial media seperti Github, Facebook, dan Google. Disini aku daftar menggunakan email, untuk menjaga kerahasian data > jika sudah klik create account.

Baca Juga:  Cara Membuat Pesan Keterangan Warna-Warni Kayak Blackpink di Blog
Buat Akun di OneSignal 2
#4. Setelah selesai, silahkan cek email sobat untuk memverifikasi akun.
Konfirmasi email onesignal

#5. Lalu buka email yang dikirim dari OneSignal ke email sobat, kemudian silahkan klik click here to confirm your account, untuk mengonfirmasi akun sobat.
Email konfirmasi akun onesignal
#6. Lalu klik Add App > berikan nama aplikasi web push sobat > jika sudah, klik Add App.
Menambahkan Aplikasi OneSignal
#7. Kemudian pilih salah satu platform yang sobat ingini, disini aku memilih Web Push. Karna kita akan membuat notifikasi web> Setelah itu klik Next.
Pilihan Platform OneSignal
#8. Kemudian klik pada wordpress plugin or website builder >lalu pilih blogger. Maka akan tampil banyak jenis web notifikasi yang dapat digunakan. Karena kita akan menggunakan nya untuk blogger, maka pilih blogger.
Blogger untuk notifikasi OneSignal
#9. Kemudian silahkan gulir ke bawah sampai site setup > lalu isikan data blog sobat seperti Nama Blog, URL, Icon, dan Label di blog sobat.
Pengaturan Notifikasi Webnya
#10. Kemudian gulir kebawah dibagian permission prompt editor > klik Add Prompt > lalu pilih jenis tampilan notifikasi yang sobat sukai. Disini aku memilih Slide Prompt > geser slidedown prompt kekanan jika ingin mengedit teks notifikasinya > jika digeser kekanan > isikan teks notifikasinya sesuai selera sobat > lalu lihat pratinjaunya dikanan > jika dirasa sudah cocok > klik save.
Pengaturan Notifikasi Webnya 2
#11. Lalu dibagian paling bawah klik Save.
#12. Lalu tambahkan kode script tersebut di atas kode </head> atau &lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;
Kode Untuk Pemasangan Web Notifikasi Ke Blog
#13. Lalu klik finish.
#14. Selesai. 

Demo

Baca juga : cara membuat tombol download keren dan penuh warna yang bisa membuat pengunjung kamu bahagia.

 

Dengan menggunakan plugin OneSignal web push notification, kita dapat mempertahankan pengunjung setia untuk terus mendapatkan informasi terbaru mengenai blog kita. Dan notifikasi web yang kita pasang ini gak membuat blog lelet. Jadi sangat direkomendasikan banget, bagi blog yang setiap hari aktif untuk membuat artikel-artikel terbaru. Biar pembaca maupun pengunjung yang datang, bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai blog sobat. Maka, yaudah. Selesai hehehe.

Baca Juga:  Cerita Sukses 3 Admin Mastah Blogger (Sugeng.Id, Maxmanroe.Com, Kompiajaib.Com)
Advertisement