Cara Daftarkan Blog/Web Ke Google Webmaster Tools Dengan Mudah

Membangun sebuah Blog/WEB membutuhkan kesabaran dan ketelitian, terlebih lagi buat anda yang gres pertama kali mengenal Blogger. Mulai dari pembelian Domain Blog, Pembelian Template Premium hingga dengan penulisan artikel sendiri ialah tahapan supaya Google lebih cepat mendeteksi blog yang kita banggun. Selain itu anda wajib juga  mendaftarkan blog ke Webmaster Tool atau Search Console supaya setiap artikel yang kita posting terdeteksi oleh google dengan cepat.

Mengapa kita wajib mendaftarkan blog/web kita ke Webmaster Tool !!! Google ialah mesin pencarian atau mesin penelusuran yang cukup populer dan paling banyak digunakan. Persaingan berada di beranda google cukup banyak dan apabila cara ini tidak anda lakukan maka kemungkinan besar Artikel yang anda buat sulit untuk berada di halaman utama beranda Google.

Baca juga : Cara terbaru menampilkan BLOG / WEB di Google Halaman Pertama

Awalnya banyak yang inbox di massanger Facebook saya ihwal cara mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool. Setiap itu juga saya menawarkan link tutorial dari blog lain. Daripada menawarkan visitor ke blog lain lebih baik saya buatkan tutorialnya disini. Supaya sobat betah berlama usang berada diblog sederhana ini. Mungkin cara ini cukup terang alasannya saya sertakan gambarnya. Ini merupakan referensi registrasi blog adik saya “talitashare.com” yang saya daftarkan dan berhasil.

Baca Juga:  10 Tips Mempertahankan Artikel Blog Berada Di Page One Google

Cara mendaftarkan BLOG/WEB ke Google Webmaster Tools

Advertisement

Langkah 1 : Silahkan anda masuk ke Google webmaster Tools
Langkah 2 : Lihat dibagian pojok kanan atas, silahkan anda klik “ADD A PROPERTY” dan masukkan alamat blog anda lengkap menyerupai referensi dibawah ini.

Langkah 3 : Jika blog anda sudah di ADD kini lihat lagi dipojok kanan atas ada gambar GIR, klik segitiga yang kebawah dan akan tampil beberapa pilihan. Silahkan anda pilih “Verification Details“.

Langkah 4 : Setelah itu akan tampil menyerupai gambar dibawah ini, Pilih “Alternate Methods“. Selanjutnya klik atau pilih “HTML tag” maka akan tampil arahan menyerupai di bawah ini. Silahkan anda COPY untuk diletakkan dibawah “<Head>.

Baca Juga:  Cara Menciptakan Blog / Website Dengan Wordpress.Org (Selft Hosted)

Langkah 5 : Silahkan anda masuk ke Blogger akun anda dan masuk ke blog yang anda daftarkan Google Webmaster Toolnya. Klik Tema, Edit HTML dan jikalau sudah tampil menyerupai gambar dibawah ini silahkan anda tekan Ctrl + F sehingga tampil menyerupai yang saya lingkari merah. tuliskan <head>. Jika sudah ketemu silahkan paste arahan yang anda ambil dari Google Webmaster Tool tadi sempurna dibawahnya menyerupai referensi dibawah ini dan klik Simpan Tema.


Langkah 6 : Kembali ke Google Webmaster Tool menyerupai gambar Langkah 4 untuk Ferifikasi dengan klik VERIFY. Jika terjadi Error berarti anda salah meletakkan arahan HTML Google Webmaster Toolnya, silahkan anda tempatkan yang Pas. Didini saya memakai Template Evomagz milik Mas Sugeng. Jika sudah sempurna ketika di klik Verify makan akan tampil menyerupai gambar dibawah ini.

Baca Juga:  Cerita Sukses Mastimon Hingga Jadi Penulis Blog

Dengan tanda betul berwarna Hijau dan bertuliskan “Congratulations, you have successfully verified your ownershif of” maka blog/web anda sudah berhasil terdaftar di Google Webmaster Tools. Cukup gampang bukan !!! tetapi sebagian ada yang tidak berhasil alasannya binggung jikalau di cari arahan “<Head>” tidak ada di HTML. Silahkan anda ketikkan “<Head” atau “Head” saja, jikalau banyak yang tampil maka pilih Head yang paling atas. Nah itu ialah Cara sederhana tetapi berhasil mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool, supaya artikel ini bermanfaat dan anda juga berhasil mendaftar Blog anda, sekian dan terimakasih.
Sumber https://www.mastimon.com/