Cara Check SEO Blog Menggunakan Google Lighthouse di Google Chrome

Google lighthouse adalah sebuah alat (tool) yang digunakan untuk membatu meningkatkan kualitas dan kinerja yang ada pada blog atau website. Google Lighthouse ini digunakan untuk menganalisa blog atau website dengan memberikan laporan mengenai kinerja, aksesibilitas, praktis terbaik dan nilai skor SEO yang ada pada blog kita. Dengan menggunakan tools ini, kita dapat dapat mengetahui bagian blog mana saja yang sudah bagus dan bagian mana saja yang harus diperbaiki lagi.
 
Jika ada yang belum paham apa itu SEO, SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik pengoptimalan mesin penelusuran yang digunakan agar blog atau website kita mencapai peringkat teratas dalan mesin penelusuran. Atau bisa juga diartikan dalam kehidupan sehari-hari bahwa SEO adalah sebuah aturan penulisan yang mengikuti aturan KKBI dalam bahasa indonesia. 

Mengapa kita harus mencapai rank teratas dalam mesin penelusuran? sebab pada saat seseorang ingin memasukkan kata kunci tentang sesuatu yang ingin ia cari, tentu saja halaman yang pertama yang akan ia buka adalah halaman pertama dalam hasil penelusuran, dan kadang tidak lagi membuka halaman berikutnya karena apa yang ia cari ada di halaman pertama. Oleh karena itu SEO menjadi hal yang penting dalam blog kita. Jadi, untuk mengecheck apakah blog kita sudah SEO apa belum, yuk silahkan ikuti panduan langkah-langkahnya dibawah ini.
 

Cara Cek SEO Blog Menggunakan Google Lighthouse

#1. Silahkan buka ekstensi lighthouse > kemudian instal dengan cara tambahkan ke chrome.
Cara Cek SEO Blog Menggunakan Google Lighthouse

#2. Maka akan muncul pop up > pilih tambahkan ekstensi.
Cara Cek SEO Blog Menggunakan Google Lighthouse

#3. Pastikan sobat sudah berada di blog yang sobat ingin check SEOnya >pilih icon lighthousenya.

Cara Check SEO Menggunakan Tools Lighthouse


#4. Setelah muncul tampilannya > pilih generate report.

Baca Juga:  Template Blogger Terbaik 2019
Cara Check SEO Menggunakan Tools Lighthouse

#5. Tunggu hingga prosesnya selesai, kemudian hasilnya akan tampil pada tab baru, contohnya seperti gambar dibawah ini.
Hasil Check SEO Menggunakan Ekstensi Lighthouse
 
Baca juga : buat aplikasi facebook tanpa kodding? emang bisa?
Sobat dapat melihat hasil skor dan performa blog sobat di dalamnya, serta sobat dapat juga mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan skor SEO pada blog sobat. Aku rasa cukup sekian tutorial tentang cara cek SEO blog menggunakan google lighthouse. Jika sobat mempunyai tips atau saran lainnya, bisa langsung menuju kolom komentar, terimakasih.
Baca Juga:  Brinx ~ Template Premium Murah yang Super Cepat
Advertisement