Cara Check Plagiatisme Didalam Blog

Sebelum mempublikasikan artikel yang aku ketik, terlebih dahulu aku mengechek artikel postingan yang aku buat ini, apakah sudah SEO, apakah sudah mencapai target 300-500 kata, atau aman dipublikasikan ke orang banyak.

 
Terkadang ada beberapa blogger yang tidak perduli mengenai apa itu SEO, sehingga disaat google mengacuhkan artikelnya atau blognya di internet, Mereka menyalahkan google. Apalagi soal plagiatisme atau tukang copy. Mereka tidak perduli tentang perasaan seorang penulis. Mereka hanya mengcopy artikel kita ke blog mereka secara diam-diam.
 
Mengecheck artikel blog biasanya dilakukan oleh penulis, untuk melihat apakah artikelnya benar-benar 100% unique atau tidak. Hal ini biasanya dilakukan, agar blog kita tidak terlihat buruk di mata google atau para pembaca.
Aku sendiri sebagai seorang penulis di blog selalu mengecheck keoriginalan suatu artikel didalam blogku, sebelum aku mempublikasinya. Gunanya, agar memastikan orang yang berkunjung di blog aku, apakah benar-benar 100% membaca atau mencuri artikel di blog aku. Aku sendiri lebih suka menulis artikel yang 100% original, dibandingkan mengcopy artikel dari blog orang lain. Yah walaupun, terkadang aku mengambil karya orang lain. Tapi aku mengambilnya, dengan meminta izin dan mengubahnya lagi. 
Aku menghargai suatu karya orang lain, karna aku mengerti, betapa susahnya menulis 1 artikel untuk blog. Dan aku mengcopy artikel dari blog orang lain, bukan bermaksud untuk mencuri, tetapi karna kagum dengan artikel postingan tersebut. Yang mungkin bisa aku bagikan lagi ke orang lain, dengan menggunakan kata-kataku. Atau bisa dibilang bahan referensi. Untuk menjadi suatu informasi yang lebih baik dari sebelumnya 🙂
Aku bilang begitu karna, ada kepuasan tersendiri dalam menulis artikel blog, selain menciptakan suatu informasi terbaru, aku bisa melatih memperlancar kecepatan dalam mengetik, berpikir, dan fokus dalam 1 hal. Tapi itu semua terserah sobat sih, mana yang dirasa baik dan mana yang tidak. Tanpa basi basi panjang lebar dan bosen dengar cerita aku, yuk langsung saja kita baca penjelasannya dibawah ini hehehe.
 

1. Smallseotools Plagiarism Checker (Check copy paste teks secara detail)

Smallseotools adalah salah satu tool yang paling sering digunakan oleh para blogger. Aku sendiri pun sering menggunakan tool ini. Tool ini digunakan untuk mengechek tingkat plagiat dalam setiap kalimat yang kita tulis, dengan cara menyalin artikel yang sudah kita tulis ke situs smalltools. Dan hebatnya, tools ini bisa melacak, situs web-web mana saja yang memiliki kata yang serupa dengan artikel buatan kita. Baik 10 kata – 1000 kata, tools ini bisa melihat tingkat plagiatisme secara baik. Namun, tools ini memiliki suatu batasan, yaitu 1000 kata dalam 1 artikel. Sungguh sangat disayangkan. Padahal tools ini sangat baik untuk mengecheck web-web mana saja yang mengcopy paste artikel kita. Tapi walaupun begitu, tools ini sangat bagus sekali untuk dicoba.
Cara Cek Artikel Copy Paste di Blog (COPAS/Duplikat)
 

2. Copyscape (Check copy paste 1 artikel dengan memasukkan link artikel)

Situs ini biasa digunakan untuk mengechek tingkat keunikan situs atau beberapa artikel postingan yang kita miliki, cara kerja situs sungguh simple, sobat cukup copy link artikel sobat ke situs copyscape, maka situs copyscape akan mengecheck secara cepat, situs web-web mana saja yang mengcopy paste artikel blog kita. Tapi sangat disayangkan, tools ini bersifat berbayar, bagi kita yang menggunakannya secara gratis, kita hanya bisa mengecheck 3 artikel saja dalam 1 hari. Dan menurut aku, tools ini kurang menarik. Karna tidak bisa mengcheck kata mana-mana saja yang serupa dengan artikel yang di copy paste.
Check Copy Paste dengan Copyscape
 

3. Siteliner (Check copy paste blog lengkap namun tidak begitu efisien)

Siteliner adalah website yang digunakan untuk mengecheck seberapa persen duplikat konten artikel yang kita miliki dalam suatu blog. Aku lebih suka menggunakan situs ini untuk melihat secara detail keseluruhan artikel yang aku miliki. Mulai dari halaman blog, tingkat duplikat konten, mengecheck broken link yang ada dalam blog, konten umum, dan konten unik didalam blog maupun artikel suatu blog.
Check Copy Paste dengan Siteliner

Baca juga : cara membuat efek salju di blog, serta efek bintang dan daun berjatuhan di blog. biar blogmu terasa lebih dramatis kayak film korea.

Itulah 3 website yang aku biasa gunakan untuk melihat tingkat duplikat konten dalam suatu blog. Saran aku, buatlah konten yang unik atau original, untuk memastikan blog kita, tidak memiliki kata yang serupa dengan blog orang lain. Dan Jika ingin menyalin suatu konten blog orang lain, sebaiknya minta izin terlebih dahulu pada pemilik blog, atau bisa mencantumkan sumber blog, untuk menghargai suatu karya orang lain. Terimasih.

Baca Juga:  Template Premium Blogger Gratis Update Terbaru Dan Terbaik
Advertisement