Apakah Bisa Akun Adsense Youtube dipasang ke Blogger? Cari Tau Jawabannya Disini!

Blogger dan youtuber merupakan 2 jenis situs web yang dapat menghasilkan uang dari internet dengan cara beriklan. Namun, tahukah sobat bahwa akun adsense atau akun periklanan mereka berbeda visi dan misi.  

Emang beda akun adsense youtube dengan blogger apa bang?

Bedanya yaitu iklan yang mereka miliki. Dimana iklan youtube berbasis video, sedangkan blogger berbasis teks atau gambar.   

Oh gitu toh bang, kira-kira youtube bisa gak pasang pasang iklan berbasis teks atau gambar di video? atau sebaliknya?

Tentu bisa sob. Sejak tahun 2013-sekarang, youtube tidak hanya menghasilkan uang dari iklan video saja, tapi dari iklan teks juga bisa. Begitu juga dengan blogger. Tapi sangat disayangkan, blogger tidak dapat menampung video, karena dapat membuat blog lelet.

Maksudnya bang?

Flatform antara youtube dengan blogger sangat berbeda. Dimana youtube hanya menampilkan video, maka blogger hanya bisa menampilkan teks atau gambar. Ibarat mereka berdua seperti saudara dekat tapi gak 1 mama, hehehe.

Advertisement

Lebih menguntungkan mana bang, blogger atau youtuber bang?

Kalau menurut aku sendiri sih, youtuber lagi. Apalagi zaman sekarang ini. Semua serba video. Baik dari resep makanan, film, berita viral maupun video belajar. Semuanya video.

Terus, kenapa abang gak menjadi youtuber aja?

Orang yang menjadi youtuber harus berbakat dalam berbicara, sedangkan abang hanya berbakat dalam menulis. Itulah mengapa abang fokus ke blogger. Nah, jika sobat belum ada yang pernah melihat iklan youtube berbasis teks atau gambar. Silahkan lihat gambarnya dibawah ini.

Contoh Iklan Teks atau Gambar di Youtube

Sebetulnya pada beberapa tahun sebelumnya, untuk menautkan antara akun google adsense dari youtube ke blogger, sudah bisa. Namun, beberapa tahun lagi aturan pun dirubah. Akun adsense yang di daftarkan melalui youtube, tidak bisa lagi ditautkan pada blogger. Kecuali akun adsense tesebut telah berstatus akun adsense non-hosted.

Kok gitu sih bang?, gak jelas amat wkwkwk 

Yah emang gitu dari sononya. Aku aja bingung. Kayak abg labil wkwkwk.

Baca Juga:  Cara Terbaru 2018 Menciptakan Coment Facebook Di Blogger Dengan Script Singkat

Satu trik mudah mendapatkan akun adsense dengan mendaftar melalui youtube

Sebagian besar pasti sepakat bahwa untuk mendapatkan satu akun adsense itu sulitnya bukan main, apalagi buat pemula. Jangankan untuk mendapatkan akun adsense non-hosted, akun adsense hosted pun terbilang begitu sulit untuk didapatkan.

Sebuah blog tidak boleh langsung di daftarkan ke adsense begitu saja. Setidaknya ada beberapa proses dan capaian khusus perlu dipenuhi terlebih dahulu. Mulai dari navigasi template blog yang harus jelas (bukan blog versi perkembangan), harus benar-benar memiliki visitor yang cukup, artikel atau postingan dengan jumlah tertentu, tingkat indeksi (ranking) di mesin pencarian yang harus memadai, dan lain sebagainya.


Seakan-akan syarat yang sudah terpenuhi dirasa kurang cukup untuk mendapatkan persetujuan dari google adsense. Udahlah menunggu akun blog diterima oleh google adsense butuh beberapa hari atau minggu, ehh untuk menautkan blog atau youtube ke google adsensemu, kita harus nunggu lagi. 

Untung aja gak php. Kalau sempat PHP. Ehmm. Auto bakar hahaha.


Dengan begitu, tidak berlebihan tentunya mengatakan bahwa mendaftar adsense dari blog itu sulit diterima. Trik mudah untuk mendapatkan akun adsense bisa dilakukan dengan monetasi video di youtube. Gak harus dari blogger langsung. 
Syaratnya pun tak sebanyak dan serepot mendaftar google adsense dengan blog. Jika sobat berminat, silahkan mengikuti panduannya seperti berikut :


Baca Juga:  Tutorial Cara Submit Sitemap Blogger Ke Google Webmaster Tools
  1. Login ke youtube.
  2. Sediakan satu email google yang belum di daftarkan (untuk google adsense sebelumnya).
  3. Buatlah channel youtube.
  4. Upload video original (buatan sendiri) di akun youtube.
  5. Mendaftar akun adsense secara langsung dari channel youtube dengan mengaitkannya melalui tombol yang disediakan.
  6. Silahkan menunggu dalam beberapa jam atau 1 hari saja.
  7. Selesai.


Beberapa kasus yang pernah mendaftar dan diterima oleh google adsense di youtube mengaku bahwa akunnya di setujui oleh pihak google adsense kurang lebih dari sejam saja. Tanpa harus menunggu lama, akun google adsense pun siap digunakan, dengan status Hosted. Artinya, tidak dapat dipasang pada blogger dan hanya bisa digunakan untuk memonetisasi video youtube saja.

Lalu, bisakah akun google adsense dari youtube bisa ditautkan atau dipasang ke blog?

Jawabannya adalah BISA. Untuk memastikan hal tersebut, silahkan temukan jawabannya lebih lanjut pada pernyataan google pada laman support mereka. Namun syaratnya adalah akun adsense tersebut harus diupgrade terlebih dahulu menjadi akun non-hosted (punya domain .com).

Untuk upgrade akun adsense hosted menjadi non-hosted, sobat perlu sedikit repot dengan menyediakan satu blog atau website Top Level Domain (TLD) terlebih dahulu. 

Alias sudah memiliki domain pribadi, bukan blogspot.com lagi. 

Jika sudah memiliki blog yang TLD, silahkan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Kunjungi situs resmi google adsense  > dan login dengan akun adsense dari youtube.
Daftar Akun Google Adsense 1
  • Klik menu iklan.
  • Pada tampilan ini > pilih menu produk lainnya.
  • Lalu isikan pada bagian form : Saya akan menampilkan iklan di > isi dengan domain tld sobat > lalu pilih kirim.
Daftar Akun Google Adsense 2
  • Selanjutnya sobat diminta untuk membuat satu slot iklan dan memasang kode iklan tersebut pada blog yang sobat daftarkan tadi.
  • Copy dan pastekan kode iklan di blog sobat.
Daftar Akun Google Adsense 3
  • Terakhir, sobat perlu menunggu review dari google tentang pengajuan tersebut. Biasanya butuh beberapa hari, bahkan berminggu-minggu.
Daftar Akun Google Adsense 4

Pada tahap review ini, sobat perlu melakukan perlakuan khusus pada blog atau website yang sobat daftarkan tersebut, agar permintaan persetujuan akun sobat dapat segera ditinjau, dengan cara membuat beberapa artikel setiap harinya sampai akun sobat diterima. 

Untuk lebih jelasnya cara membuat akun adsense sobat diterima dengan cepat : baca disini.


Jika blog atau website sobat dianggap layak untuk menampilkan iklan google adsense, maka blog tersebut pasti akan disetujui. Dengan kata lain, dapat dipastikan bahwa akun adsense youtube yang tadinya berstatus hosted akan berubah statusnya menjadi non-hosted. Okey, Selamat Mencoba. Terima kasih.

Baca Juga:  Cara Agar Artikel Mudah dan Cepat Terindex Oleh Google
Advertisement