4 Keuntungan Memiliki Produk Digital Sendiri

 Mungkin masih ada diantara kita yang masih belum paham definisi produk digital 4 Keuntungan Mempunyai Produk Digital Sendiri

 

Apakah produk digital itu? Mungkin masih ada diantara kita yang masih belum paham definisi produk digital. Secara umum produk digital ialah produk non fisik atau file digital yang sanggup dipresentasikan melalui perangkat digital, misalnya menyerupai karya goresan pena (ebook), lagu, aplikasi, game, gambar dan lain sebagainya.

 

Nah apakah Anda tahu bahwa dalam beberapa tahun ke depan diprediksi produk digital bakal menjadi komoditas bisnis yang mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan pertumbuhan teknologi internet yang kian cepat, serta munculnya perangkat digital yang semakin canggih menjadi alasan berpengaruh mengapa produk “tak kasat mata” ini akan mempunyai pasar bisnis yang sangat besar.

Advertisement

 

Pertanyaannya ialah apakah kita akan terus menjadi konsumen, atau mulai mencoba membuat karya digital kita sendiri? Dengan banyak sekali akomodasi dukungan teknologi yang tersedia ketika ini, nampaknya bukan masalah sulit untuk membuat produk digital pertama kita. Nah untuk memberi suplemen semangat, berikut ini kami ulas beberapa laba yang sanggup kita peroleh dengan membuat produk digital milik kita sendiri.

 

1. Hemat Biaya Produksi

 

Baca Juga:  Mau Kerja Di Google? Pastikan 6 Keahlian Ini Telah Anda Miliki

Sebagai misalnya sederhanya ialah bagi mereka yang hobi menulis dan ingin menjual hasil karyanya. Bisa dibandingkan antara produk buku yang dijual di toko dan produk file buku yang dijual secara online, tentunya akan berbeda biaya produksinya. Untuk menjual produk buku secara offline, kita membutuhkan biaya percetakan yang tidak murah. Meskipun lewat jasa publisher pun, sharing profit yang kita dapatkan otomatis telah banyak terpotong biaya produksi.

 

Memang tidak sepenuhnya membuat produk digital itu tidak membutuhkan biaya produksi sama sekali, namun secara umum semua produk digital membutuhkan biaya yang relative lebih kecil dibanding kalau dipasarkan dalam bentuk fisik. Keuntungan lain yang masih berafiliasi dengan proses produksi ialah akomodasi dalam memperbanyak produk. Tinggal copy paste dan kita sudah mendapat file yang sanggup diunduh berkali-kali, laba yang tidak dimiliki produk fisik tentunya.

 

2. Keuntungan Harga Tambahan

 

Pernah bermain game online? Mereka yang fasih main game online tentu sudah tahu perihal top up item atau item yang harus dibeli biar mendapat laba lebih. Nah dalam istilah bisnis disebut juga dengan Up Selling. Up Selling merupakan biaya suplemen yang harus dibayarkan untuk mendapat produk suplemen yang masih berhubunngan dengan produk sebelumnya. Umumnya kita temui pada produk digital menyerupai game atau aplikasi mobile. Jika sanggup memanfaatkan sistem Up Selling tentu produk digital kita akan menghasilkan lebih banyak pemasukan.

Baca Juga:  Ingin Menciptakan Produk Bisnis Yang Ideal? Belajarlah Dari Sebuah Sikat Gigi

 

Selain itu produk digital juga sanggup juga dilempar ke pasar dalam bentuk sistem pembayaran berjangka atau Recurring Payment. Umumnya sistem ini juga disebut dengan sistem membership. Selama menjadi anggota layanan tersebut, pelanggan diharuskan membayar sejumlah uang dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, entah harian, bulanan atau tahunan.

 

3. Mudahnya Membuat Jaringan Bisnis

 

Keuntungan lainnya ketika kita memasarkan produk digital secara online ialah lebih gampang membangun jaringan. Seperti kita tahu dalam proses pemasaran online banyak alat untuk berbagi jaringan kita mulai melalui #media sosial, email, lembaga online hingga tunjangan aplikasi messaging yang sangat beragam.

 

Memang benar kalau pemasaran produk fisik pun juga sanggup memanfaatkan media-media tersebut, namun produk digital mempunyai kelebihan sebab produk tersebut nantinya akan lebih gampang didapatkan pelanggan kalau dibanding produk offline yang membutuhkan proses tambahan.

Baca Juga:  Cara Menghadapi Bisnis Online yang Sedang Sepi

 

4. Bantuan Marketplace Penjualan

 

Marketplace produk digital ialah layanan yang menjembatani penjualan produk digital yang dijual secara online. Contoh yang paling gampang ialah #Google Playstore yang menjadi Marketplace primer untuk aplikasi #Android. Disana kita sanggup “memajang” karya digital kita yakni aplikasi, game ataupun buku digital alias e-book. Kelebihan yang sanggup kita dapatkan ialah selain tidak perlu lagi membangun toko online sendiri, proses pembelian aplikasi pun akan diproses secara otomatis dan pemasukan juga pribadi hingga pada pengembang aplikasi.

 

Baca juga: Tips Cara Jualan di Marketplace, Mari Bersaing di Keramaian

 

Yang niscaya dengan membuat produk digital milik kita sendiri kita sanggup mengekspresikan diri sembari menyalurkan passion kita. Produk digital yang merupakan produk everlasting atau tidak pernah habis pun sanggup menjadi “peninggalan” kita yang dapat dinikmati tidak hanya beberapa tahun namun hingga turun temurun. Yuk mulai membuat produk digital!


Artikel lain: Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?