2 Cara Mengganti Template Blogger Yang Tepat dan Benar

2 cara mengganti template blogger yang tepat dan benar – Salah satu fitur dan kelebihan blogger adalah, kita bisa mengganti template atau tampilan blog kita sesuai keinginan. Tidak sampai disitu saja, template di blogger bisa kita dapatkan semuanya di google dengan cuma-cuma. Ada yang gratis bahkan premium. Sobat hanya cukup mengetikkan kata kunci template terbaru di google. Maka secara otomatis google akan memberikan banyak pilihan situs web yang menyediakan banyak template-template menarik. Lalu sobat tinggal klik download. Mudah bukan?

Dan template dari blogger memiliki ciri khasnya sendiri. Seperti, memiliki banyak menu, tampilan nya yang gak lebar, gak bisa pasang banyak efek dramatis dll. Beda dengan jenis flatform blogging lain, seperti wordpres atau wix. Blogger penggunaannya terbatas. Template blogger di ibaratkan kayak pria yang yang selalu selalu tampan kapan pun, sedangkan template wordpress atau wix di ibaratkan kayak perempuan yang selalu tampil cantik karena makeup. Jadi, dari definisi yang aku jelasin tadi, terpapar jelas bahwa blogger lebih unggul dari wordpress atau wix. Karena gak ribet hehehe. Maka dari itu, sobat harus tau membedakannya agar nantinya saat mendownload template, sobat tidak salah download. 

Ehm btw bang, gimana caranya untuk mengganti dan mencari template baru di google?

Untuk caranya, silahkan baca penjelasannya di bawah ini:

Baca Juga:  Hanya Dengan 50.000 Sanggup Blog Murah Gratis Template Premium

 

1. Mencari template blogger

Nah untuk mengganti template atau tampilan blog sobat, hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mencari template blogger untuk didownload. Namun sebelum itu, sobat diharuskan sudah paham bagaimana bentuk dan rupa template blogger. Dikarenakan, di google banyak tersedia situs web penyedia template. Seperti template wordpress contohnya. Takutnya, setelah memilih dari sekian banyak template, dan ingin memasangnya, tiba-tiba template yang sobat download gak cocok di blogger. Jadi, diusahakan harus lebih jeli lagi dalam memilih, kalau perlu dibaca detail templatenya, agar sobat gak salah download nantinya.

Disini aku akan berikan situs web untuk mendownload template blog terbaru dan premium. Sobat bisa download templatenya dengan mencari penyedia template tersebut dengan kata kunci seperti ini:

“Template blogger terbaru 2019” atau “download template terbaru” atau bisa juga kunjungi Theme Platinum.

 

2. Meng-extract file templatenya

File template yang nanti sobat download umumnya dalam bentuk format .zip atau .rar. Jadi, untuk memasangnya di blog sobat, sobat perlu meng-extract atau mengambil filenya.

Baca Juga:  Cara Memasang Tools CSS Minifier di Blog

Untuk meng-extract file sobat bisa menggunakan software winrar atau 7zip.

Setelah diekstrak, nanti akan ada file dengan ekstensi .xml. Nah, file itulah yang nantinya akan sobat pasang ke blog. Untuk pemasangannya, silahkan ikuti panduannya dibawah ini :

#1. Login ke blogger.
#2. Pilih menu tema.
#3. Klik tombol “Backup / Pulihkan”.
2 cara mengganti template blogger yang tepat dan benar - Menu Tema di Blogger
 
#4. Sebelum memasang templatenya, klik dulu tombol “Download tema” untuk mendownload template yang sedang digunakan saat ini sebagai backup/cadangan kalau misalnya template yang sobat pasang tiba-tiba tidak sesuai atau error.

2 cara mengganti template blogger yang tepat dan benar - Upload Template ke Blogger
#5. Kalau templatenya sudah di-backup, selanjutnya klik “Choose File” dan pilih tempat lokasi download tadi.
#6. Jika sudah dipilih > klik tombol “Upload”.
#7.  Selesai.
#8. Sekarang silahkan cek blog sobat, untuk melihat apakah templatenya sudah sukses terpasang atau belum, dengan cara mengklik lihat blog dibagian sisi kiri.

Baca Juga:  Blogger Vs Wordpress Elok Mana !!! Ini Penjelasnnya
2 cara mengganti template blogger yang tepat dan benar - Cara Melihat Blog di Blogger


Setelah mengganti template biasanya sobat perlu mengatur kembali widget-widget yang sebelumnya terpasang di blog. Dikarenakan tampilan template yang baru saja sobat upload tidaklah sama seperti tampilan blog sobat sebelumnya. Nah kira-kira begitulah 2 cara mengganti template blogger yang tepat dan benar. Diusahakan template yang kita upload dan kita pasang tadi di edit dulu. Itu aja sih dari aku. Terima kasih.

Advertisement